CANTIK ITU RELATIF

Oleh    : Miftahul Khoir
Santri PP.Al-khoirot

         Cantik, apa itu cantik? Cantik dikaitkan dengan terlihat indah, mempesona dan lain-lain, tampil cantik adalah dambaan setiap wanita. Cantik memiliki makna yang berbeda bagi setiap  orang baik laki-laki maupun perempuan tua atau muda. Dari setiap belahan dunia makna kecantikan juga berubah dari masa kemasa, hal ini relatif sebagaimana orang memandangnya. Karena dari itu cantik itu berbeda-beda, baik disuatu desa, kota, Negara bahkan penjuru dunia. Hal ini terkait bagaimana seseorang memandang kecantikan tersebut.
            Di Amerika misalnya, memandang bentuk wajah harus memiliki standar sebagai baik dulu seperti Farah Faw, mata seperti Jackuline Bessit, bibir seperti Brooke Sweld. Hal ini dikemukakan oleh seorang doktor plastik di Amerika.

Berbeda di Indonesia, wanita di katakan  cantik jika berambut hitam,berkulit putih dan langsing. Namun sebaliknya di Mauritania wanita di katakan cantik jika berbadan gemuk bahkan semakin gemuk semakin cantik.
            Lain lagi di Burma dan Thailand, anggota dari suku kayan memulai ritual kecantikan mereka di waktu masih muda, saat berumur 5 tahun mereka sudah memakai gelang berbentuk melingkar disekitar lehernya. Gelang leher tersebut di tambahkan seiring dengan pertumbuhan mereka dan hal tersebut membuat leher mereka semakin panjang layaknya jerapah. Bagi mereka leher yang panjang dengan gelang yang bersinar adalah tanda kedudukan dan keagungan mereka, berat leher tersebut bisa mencapai 10.5 Kg. Sementara itu di Jepang kulit adalah kunci dari kecantikan, wanita di Jepang mempunyai kulit lembut dan cantik tanpa bekas terutama kulit wajah mereka. Ini karena mereka mengkomsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen. Kolagen adalah protein utama yang menuju 75% area kulit dan berfungsi memberikan kekuatan dan kehalusan pada kulit.
           
            Di India, wanita disana mencampur turmerik, lemon dan madu di oleskan pada kulit mereka. Hal ini biasa di lakukan pada hari-hari perayaan. Wanita India dikenal di Dunia karena rambutnya yang indah, panjang, hitam legam dan bersinar. Salah satu ciri khas wanita  India adalah tanda merah di dahi mereka yang disebut “Kum-Kum”. Dipadukan dengan pakaian yang berwarna terang, serta pengunaan perhiasan yang ramai hampir disetiap kesempatan. Hal tersebutlah yang membuat wanita India semakin cantik dan menarik.
           
02
            Bagi wanita Iran, cantik adalah memiliki hidung yang mungil dan mancung. Sementara sebagian besar wanita di Iran memiliki ukuran hidung yang besar. Di Iran hampir seluruh wanitanya menggunakan jilbab, pakaian yang menutup dari ujung kepala hinggga kaki kecuali wajah. Maka dari itu bentuk hidung yang indah,mungil dan mancung adalah dambaan agar terlihat semakin cantik dan menarik. Banyak wanita Iran yang memiliki hidung besar melakukan operasi plastik untuk mengecilkan hidung mereka. Hal inilah yang membuat Iran menjadi Negara yang wanitanya paling banyak melakukan operasi plastik di Dunia.
           
            Negara Brasil terkenal sebagai Negara pengkomsumsi pridiel terbesar di Dunia. Karena, para wanita di Brasil ingin mempunyai tubuh yang langsing. Wanita Brasil suka fitness dan juga operasi plastik. Jadi tidak mengherankan jika operasi plastik paling banyak di Dunia juga disandang Brasil.
           
           Lain Negara, lain konsepsi mengenai kecantikan. Sementara dibanyak Negara cantik di identik dengan kulit mulus, halus, namun berbeda dengan di Ethiopia, wanita disana menganggap semakin cantik jika memiliki luka cakar. Bagi wanita Perancis, cantik adalah langsing, anggun dan berkelas. Para wanita Perancis banyak menghabiskan waktu untuk perawatan kecantikan. Namun anehnya, wanita Perancis yang telah mencapai usia 60 tahun disebut-sebut sebagai wanita yang paling cantik.
           
            Lotus Foot adalah dambaan para wanita di China di abad ke-19. Pada saat itu, semakin kecil kaki wanita, semakin cantik orang memandangnya. Berbeda dengan Negara China, kaum perempuan Suku Dayak di Indonesia yang memang sudah berkulit bersih memiliki konsep kecantikan yang tidak dihargai dari kulitnya saja. Kaum perempuan dan laki-lakinya berpendapat kecantikan wanita dilihat dari banyaknya anting yang menempel, semakin banyak maka akan semakin cantik.
           
            Begitu bermacam-macam konsep dan obsesi untuk menjadi cantik dari masa ke masa, di berbagai tempat. Citra perempuan sekarang mungkin tak jauh dari apa yang dinamakan tubuh langsing, rambut panjang dan lurus. Wajah putih mulus serta bola mata yang indah berkat benda kotak berwarna ungu atau hijau, namun bersyukurlah karena tak selamanya yang cantik adalah seperti itu.

03
            Kendati demikian apakah hal tersebut yang dinamakan kecantikan yang hakiki? Apakah kecantikan seperti diatas yang di dambakan wanita muslimah? Bagi wanita muslimah hal diatas hanyalah kecantikan biasa, ialah cantik yang sementara tidaklah kekal seiring berjalannya waktu. Karena wanita yang memiliki kecantikan hakiki yaitu kecantikan etika dan ahlak yang mulia, ini merupakan kecantikan yang sesungguhnya. Karena setiap ucapan tingkah laku dan perbuatan berdasar pada etika islamiyah dan hal inilah wanita muslimah yang memiliki citra tersendiri disamping cantik alami secara fisik juga cantik secara  non fisik yaitu cantik yang hakiki apakah kamu termasuk wanita cantik yang hakiki? Wallahu A’lam Bisshowaab
Next Post Previous Post
1 Comments
  • mondokonline
    mondokonline 15 January 2018 at 02:03

    ah mosok yo bro

Add Comment
comment url